BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS »

Tuesday, March 10, 2009

Tugas : 1ZZ

Padahal aku suka menulis, tapi……

Menulis itu menarik karena dengan menulis kita bisa mengungkapkan apa yang ada di hati dan fikiran kita. Menulis itu indah karena dengan rangkaian tulisan yang kita buat akan membentuk kata-kata yang bisa di pahami orang lain. Menulis itu unik karena dengan menulis secara tidak langsung kita bisa menemukan kepribadian seseorang dengan apa yang di tulisnya.

Menulis juga mempunyai bagian tersendiri dalam proses pertumbuhan manusia, karena menulis merupakan sarana belajar yang sudah kita kenal sejak kecil, dari sekedar menulis abjad, nama kita sendiri dan nama ibu bapak kita. Dari situlah awal pertamakali aku mengenal tulisan. Karena bagiku menulis adalah bagian terpenting dari kehidupan manusia di muka bumi ini. Apalagi dewasa ini telah banyak sekali orang mengungkapkan ketidak adilan, kekejaman, kebahagiaan, bahkan cinta dengan menulis, entah itu menulis opini, artikel, cerpen dan juga novel. Semua aspirasi kita bisa tertampung di sana. Klau sekarang masih banyak orang yang mengungkapkan aspirasinya lewat unjuk rasa atau demo, aku pikir cara tersebut sama sekali tidak efektif karena aksi tersebut hanya di perhatikan sesaat dan kemudian hilang tak berbekas, namun jika kita mengungkapkan aspirasi kita lewat tulisan itu akan jauh lebih bermakna dan tak akan pudar.

Setiap orang itu mempunyai kemampuan menulis, karena di manapun kita berada kita hanya menulis dan menuis. Di sekolah misalnya kita hanya mencatat dan mencatat yang merupakan sebuah tulisan. Tapi jujur saja aku akui kemampuan menulis setiap orang itu berbeda, pertama, ada yang di anugerahi kemampuan menulis dengan sistem kerja kilat. Orang tipe ini bisa sangat mudah mencari inspirasi, ada saja ide cerita yang keluar dari orang seperti ini, bahkan hal paling kecil apapun bisa menjadi menarik jika di tulis oleh orang tipe ini. Kedua ada yang di anugerahi kemampuan menulis sesuai dengan moodnya, orang tipe ini membuat tulisan dengan berdasarkan moodnya, kalau moodnya baik menulis akan menjadi santapan sehari-hari, tapi kalau moodnya sedang buruk menulis akan membuat dia stress tak karuan. Dan yang ketiga ada yang di anugerahi kemampuan menulisnya di bawah rata-rata. Orang tipe ini sama sekali tidak menyukai hal-hal tentang tulis menulis, bila di suruh menulis dia akan bingung dengan apa yang akan di tulisnya, bingung merangkai kata-kata, bingung soal ide cerita dan lebih parahnya lagi dia akan phobia sendiri ketika membaca tulisannya.

Dari ketiga tipe tersebut, aku sangat cocok dengan tipe yang kedua, menulis jika mood ku sedang baik. Sering aku berpikir pasti enak jika jadi tipe yang pertama, menulis dengan sistem kerja kilat yang bisa mengungkapkan pemikirannya dengan mudah dan hasilnya mesti sempurna. Aku jadi ingat saat menonton FTV kepompong di sctv, Rabu 18 Februari 2009 yang lalu, saat itu di ceritakan salah satu tokohnya yang bernama, Helen mengungkapkan suatu hal, “ Seharusnya orang yang di anugerahi kemampuan menulis itu bersyukuratas apa yang di anugerahkan kepadanya, karena menulis itu sulit dan membutuhkan banyak sekali pengetahuan”. Aku setuju sekali dangan ungkapannya, menulis itu sulit.

Kadangkala ide cerita itu muncul begitu saja lancar seperti air mengalir namun kadang juga cerita yang kita buat berhenti di tengah jalan, cerita itu tiba-tiba menjadi tak beraturan dan untuk mengungkapkan apa yang kita ingin tuliskan rasanya susah sekali dan hal inilah yang membuatku stress tak karuan, kalu sudah seperti ini bisa di pastikan aku akan berhenti menulis sejenak beralih dengan membaca novel, komik atau bahkan Koran, dan satu hal yang bisa membuatku semangat kembali untuk menulis adalah dengan membaca novel laskar pelangi, semangat anak-anak laskar pelangi seperti merasuk kedalam jiwaku, dengan cara seperti itulah aku bisa melanjutkan tulisan yang aku buat.


0 comments: